* TIPS MEMBEDAKAN MADU ASLI

Haaaai,,,,,,!!! untuk kamu yang rutin meminum madu untuk kesehatan, ini ada tips dalam memilih dan membedakan Ke-Asli an madu.

Pengujian ini dilakukan untuk membuktikan anggapan orang bahwa madu asli memiliki ciri-ciri tertentu, yang menjadi parameter sebuah madu asli. Yang mana kalau disimpulkan padanya ada 8. Anggapan tersebut lengkapnya sebagai berikut :

No

Anggapan

1. Madu Asli tidak dikerumuni semut.
2. Madu asli tidak merembes apabila diteteaskan pada kertas Koran
3. Korek api tetap dapat menyala setelah diolesi madu asli.
4. Rasa madu asli manis murni, tanpa ada rasa lain.
5. Madu asli berwarna kuning tua.
6. Madu asli akan mengkristal bila diaduk dengan kuning telur
7. Madu asli menyimpan gas atau udara
8 Madu asli tidak membeku bila dimasukkan dalam lemari es

HASIL PENGUJIAN TERHADAP ANGGAPAN TERSEBUT

1. Anggapan pertama : Madu Asli Tidak Dikerumuni Semut.

Baik madu asli maupun madu tidak asli sama-sama dapat dikerumuni semut. Adapun madu tidak asli yang padanya dicampur dengan serbuk pahit ada kemungkinan padanya tidak dimakan semut karena unsur tersebut tidak disenangi semut sebagaimana madu asli yang makanan lebahnya dari hutan kayu yang pahit rasanya.

2. Anggapan kedua: Madu Asli Tidak Merembes Saat Diteteskan pada Kertas Koran.

Tidak merembes saat diteteskan pada kertas koran tidak dapat secara mutlak merupakan ciri madu asli karena madu asli yang agak encerpun bisa merembes walaupun sedikit saja (tingkat kekentalannya rendah).

3. Anggapan ketiga : Korek Api Tetap Menyala Setelah Diolesi Madu Asli.

Bilah korek api tetap dapat menyala setelah diolesi madu asli sekalipun jarak waktu tenggang antara pemolesan dengan pemantikan berapa lamapun . Adapun madu tidak asli pada awal pemolesan mungkin masih bisa menyala namun setelah tenggang waktu 1 jam atau lebih maka tidak mampu lagi untuk menyala.

Jadi kesimpulannya adalah apabila setelah berselang lebih dari 1 jam tapi masih bisa menyala berarti madu asli.Namun apabila dengan dengan tenggang waktu tersebut tidak dapat menyala maka bisa dipastikan madu campuran atau tidak asli.

4. Anggapan keempat : Madu Asli Berasa Manis

Kelima sampel madu asli memiliki rasa yangberbeda-beda, bergantung pada sumber makanan lebah atau nectar. Demikian pula madu tidak asli maka rasanyapun beraneka ragam sesuai dengan bahan pencampurnya.

5. Anggapan kelima : Madu Asli Berwarna Kuning Tua

Sebagaimana rasa madu asli , warnanyapun beragam sesuai dengan nectar atau sumber makanan yang dimakan lebah. Demikian pula warna madu tidak asli beragam warnanya sesuai dengan bahan yang diolah dan juga bahan pencampurnya.

6.Anggapan keenam Madu Asli Akan Mengkristal Jika Dicampur Kuning Telur

Semua sampel madu asli mengkristal berbiji-biji saat dicampur dengan kuning telur. Madu tiruan tidak mengkristal sama sekali apabila dicampur kuning telur tetapi madu campuran tetap bisa mengkristal.

Perlu anda ketahui bahwa pengkristalan kuning telur bukan jaminan madu asli karena madu campuranpun tetap mengkristal apabila dicampur dengan kuning telur.

7. Anggapan ketujuh : MAdu Asli Mengandung Gas (menggelembung pada kantong plastik/jerigen yang tertutup rapat.)

Dalam uji coba kelima madu asli maupun 4 dari 5 macam madu campuran itu tetap mengelembung (mengandung gas) Dari sini dapat dilihat bahwa kandungan gas itu tidak dapat dijadikan patokan dalam menentukan madu asli karena madu tidak aslipun bisa mengandung gas.

Dalam penyelidikannya Dra. Sri Amin Tarti dari Universitas Lambung Mangkurat menyatakan, gas yang terdapat pada madu itu bisa timbul karena madu telah terfermentasi dengan mikroba penghasil gas.

8. Anggapan kedelapan : Madu asli Tidak Akan Membeku Jika Disimpan Dalam Lemari Es.

Dari kelima sampel madu asli, empat sampel tidak membeku saat disimpan dalam lemari es. Satu sampel yang lain sedikit membeku yaitu madu pohon aren /nira. Dan dari kelima sampel madu tidak asli maka semuanya membeku saat disimpan di lemari es.


31 Tanggapan to “* TIPS MEMBEDAKAN MADU ASLI”

  1. saya punya tips untuk 1 lagi yang belum anda tulis dalam membedakan madu asli atau buka yaitu :
    ambil sebuah piring kemudian madu dituangkan sekitar 4 tetes atau lebih lalu tungkan air putih matang dan goyang piring kanan dan kiri terserah anda maka akan didapat adalah sebagai berikut :
    1. dipiring akan terlihat bentuk sarang madu sesuai aslinya dan tebal
    dan itu bisa dikatakan asli oke sampai jumpa

  2. Rekan-rekan ykh,

    Kami telah melakukan serangkaian uji keaslian madu, dari beberapa tes yang kami lakukan, yang membuat kami takjub adalah bila madu dimasukkan ke dalam wadah yang berisi air lalu digoyang-goyangkan maka beberapa saat kemudian, bila madu itu asli akan terbentuk gambar yang mirip sarang lebah di dasar wadah tersebut, Subhanallah.

    Disamping itu, kami juga melakukan test dengan mencampur madu dengan telur, memanaskan, memasukkan madu ke dalam air dan meneteskan nya ke kertas koran.

    Untuk melihat informasi lengkapnya termasuk gambar dan rekaman videonya bisa dilihat di:

    http://griyamadusehat.blogspot.com/p/ratu-madu.html

    Untuk mengetahui berbagaim manfaat dan khasiat madu bagi kesehatan, bisa melihat berbagai artikel tentang madu di :

    http://griyamadusehat.blogspot.com/p…adu-sehat.html

    Semoga bermanfaat…

    Griya Madu Sehat
    Pusat Madu Berkualitas
    http://www.griyamadusehat.com
    0812 82 304 305

  3. thanks untuk tambahannya dan hasil penelitiannya yang begitu menakjubkan, dan sangat bermanfaat untuk para pembaca,,

  4. Terimakasih atas tipsnya kebetulan saya adalah salah satu penjual madu yang sangat membutuhkan tips2 tersebut, terimakasih banyak saya ucapkan.

    salam
    dwiyanto

  5. Just wasting some free time on Digg and I found your article . Not normally what I like to read about, but it was absolutely worth my time. Thanks.

  6. You do have to mark your calendar with a big pink circle.

  7. I must give my apologies for the complexity of that.

  8. As soon as I came over to this post I can only see part of it, is this my web web browser or the internet web site? Should I reboot?

  9. Could you message me with a few tips about how you made this blog look this awesome , I’d be appreciative.

  10. makasihh infonya

  11. Document extremely prefer genital herpes virus treatments place in this article. Very useful and additionally smart. Just one situation however. I’m operating Safari by means of Debian and additionally elements on your present style creations are really a smaller wonky. Document understand it’s truly typical created. Nevertheless it’s a specific thing to make sure you have in view. Document trust that hot weather might benefit and additionally always keep in the very best superior quality making.

  12. info yg sangat menarik….ths..

  13. Mantap ni, good info!

  14. q mau nawarin madu hutan asli ni, boleh dites dengan cara bagaimana pun.. kgak asli kgak usah dibayar deh..
    kl berminat hubgi aja.. 0857 5892 4046
    tw alamat fb q.. almoehibcool@yahoo.com

  15. sukar sekali tuk bedain madu asli me yang campuran,,,, gini aje bro,, asli/kaga minum aje asal yakin pasti bermanfaat,,, gito aje kok reeeepot……..:P

  16. Terimakasih infonya.. Sangat berguna

  17. thanks buat tipsnya. jd saya sudah bisa membantah orang2 yg bilang madu saya tidak asli

  18. 9w rasa metode d atas ada yg salah x…
    madu asli ttp d datangi semut tp g berani masuk k botol bos,iti jg tergantung tempat sbb td semua tempat semut mau samperi madu.
    yg simpel menurut 9w cokup masukan madu 2 sendok d frezer lemari es,klu dia beku palsu klu tdk y asli.trims y

  19. TRIMSSSSSSSSSS

  20. bener itu bro…. yg penting manfatnya… klo mau yang asli pelihara sndiri,,,

  21. Keterangan tersebut sangat bermanfaat bagi orang seperti saya yang sehari-hari berjualan madu. bila berminat hub saya di 081380052969. madu saya juga asli loh

  22. infonya oke banget. makasih…

  23. madu asli didalam kulkas tetap membeku baca baku karangan ahmed dan buku pioner bandung, tidak beku justru bisa mengandung zat kimia anti beku,

  24. terima kasih infonya, kalau perlu madu asli dari Negeri Yaman hubungi saya di 081313319993.

  25. untuk Madu pohon karet mask didalam kulkas berobah warn jade warn putih sdh Di uji..

  26. apakah madu asli akan membeku disuhu kamar?

  27. saya jadi makin binggung gimana cara membedakan madu yang asli dengan yang campuran. mungkin melakukan uhi di lab akan bisa menghasilkan buah :)

  28. waduh penjelasanx suangt puanjng dan luebar…mksih y admin…

  29. Subhanallah luar biasa, sangat bermanfaat bagi kami untuk menambah referensi dan informasi bagi kami …semoga kita jadi penjual dan pembeli yang makin cerdas,..sehingga tidak mudah di bohongi..

  30. Madu Yg Paling asli e e Piring Bisa pecah Melayang Mangkok juga e.

    Kalo ini Madu Beneran Madu Assalam “Black Forest” Bisa Diuji Dengan Air Dimangkuk Atau Piring Digoyang Goyang Membentuk Hexagonal Seperti Sarang Tawon. Cp 081319554087 Dibutuhkan distributor

  31. artikel yang bagus buat bedain madu yang asli dan yang palsu.
    thanks.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: