Brain Gym, Tingkatkan Fungsi Otak Buah Hati

OTAK memiliki peranan penting untuk anak. Untuk itu, maka fungsi otak harus selalu ditingkatkan. Salah satunya, melalui senam otak.

Melihat pentingnya fungsi otak pada anak, Tri Gunadi, OT, S.Psi, ahli psikologi anak membuat sebuah terobosan di Indonesia dengan ide brillian yang dituangkannya dalam sebuah buku berjudul 24 Gerakan Meningkatkan Kecerdasan Anak.

Menurutnya, memberikan stimulus atau rangsangan yang memberikan efek bekerja lebih maksimal dalam berpikir dan bertindak, mampu meningkatkan fungsi otak.

Ditemui saat melakukan demo sekaligus diskusi soal Senam Otak yang diadakan di kampus London School, Jakarta, pria lulusan Akademi Okupasi Terapi Surakarta dan Psikologi Universitas Indonesia ini memaparkan panjang lebar.

“Senam otak ini memang dilakukan untuk anak-anak yang normal namun pada tahun 2007 sudah diaplikasikan untuk anak yang mengalami gangguan pada fungsi otaknya misalnya autisme,” paparnya.

“Tujuan sebenarnya dari senam otak ini adalah menyelaraskan kemampuan beraktivitas dan berfikir dalam waktu yang bersamaan, ini sekarang bisa diterapkan pada anak-anak yang punya permasalahan pada otaknya seperti autisma,” lanjutnya.

Gerakan-gerakan ringan yang tertuang dalam bukunya itu memang ditujukan khusus pada anak. Dibuat seperti permainan yang membuat anak-anak dapat dengan mudah meniru gerakan-gerakan yang ada, membuat buku ini layak untuk dibaca.

Perpaduan olah tangan dan kaki pada senam otak dapat memberikan efek rangsangan pada dalam meningkatkan kemampuan kognitif, seperti kewaspadaan, konsentrasi, belajar, memori, pemacahan masalah serta kreativitas.

~ oleh dianacakes pada Oktober 11, 2009.

2 Tanggapan to “Brain Gym, Tingkatkan Fungsi Otak Buah Hati”

  1. terima kasih atas tipsnya.

  2. Depreciation of value following accident, is extremely . A thing is.You need courage.All for want of care about a horseshoe nail.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: