Kopi dan Teh Hindari Diabetes

PARA penggemar kopi dan teh ternyata memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit diabetes tipe 2, yakni diabetes yang tidak bergantung pada insulin dan merupakan tipe diabetes yang lebih umum.

Namun, khasiat kopi dan teh untuk melindungi tubuh bukan berasal dari kafein yang terkandung di dalamnya. Terbukti karena kopi yang nonkafein (decaf) memiliki efek terbaik untuk menangkal penyakit diabetes. Demikian dimuat dalam Archives of Internal Medicine.

Mereka mendasarkan kesimpulan ini pada 18 hasil penelitian yang melibatkan 500.000 orang. Hasil analisis menunjukkan bahwa orang yang minum teh 3-4 gelas kopi atau teh per hari menurunkan risiko diabetes 20 persen atau lebih. Bahkan, jika yang diminum adalah kopi nonkafein, maka efeknya akan lebih baik yakni lebih dari 30 persen.

Penderita penyakit diabetes tipe dua, biasanya mulai merasakan keluhan pada usia 40 tahun dan semakin terasa ketika tubuh tidak memproduksi insulin yang tepat yang dibutuhkan tubuh.

Biasanya diabetes tipe dua ini diatasi dengan menu diet sehat dan meningkatkan aktivitas fisik. Obat-obatan dan suntikan insulin kadang kala juga dibutuhkan untuk mengatasi keluhan penderita diabetes.

Para peneliti percaya penemuan kopi dan teh mengantung zat aktif menangkal diabetes sehingga akan membuka jalan baru dalam langkah dasar untuk menangkal diabetes mellitus.

~ oleh dianacakes pada Desember 19, 2009.

Satu Tanggapan to “Kopi dan Teh Hindari Diabetes”

  1. I’m impressed, I have to say. Really not often do I encounter a blog that’s each educative and entertaining, and let me let you know, you might have hit the nail on the head. Your concept is excellent; the issue is something that not sufficient persons are talking intelligently about. I am very blissful that I stumbled across this in my search for something regarding this.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: