Penggunaan Tisu pada Vagina Sebabkan Kanker Serviks?

TAHUKAH Anda bahwa penggunaan tisu dan pembalut wanita di sekitar kita ternyata bisa menyebabkan kanker? Dioksin, zat penyebab kanker disinyalir merupakan salah satu pemicu terjangkitnya kanker serviks.

Memang, tidak semua tisu atau pembalut wanita mengandung dioksin. Dioksin biasanya ada pada tisu dan pembalut wanita biasa. Jika Anda tidak waspada terhadapnya, ini bisa berakibat fatal bagi kesehatan.

Apa Itu dioksin? Dioksin adalah senyawa yang tergolong karsionogenik yang mampu mengacaukan sistem hormon, yaitu dengan cara bergabung dengan kaseptor hormon, sehingga mengubah fungsi dan mekanisme genetis dari sel.

Dioksin mengakibatkan pengaruh yang sangat luas, seperti kanker, menurunkan daya tahan tubuh, mengacaukan sistem saraf, keguguran kandungan, dan dapat mengakibatkan cacat kelahiran (birth deformity). Selain itu, dioksin secara langsung mampu menurunkan sel B dan secara tidak langsung menurunkan jumlah sel T yang berperan dalam sistem imun.

“Penggunaan tisu tidak merta bisa mengakibatkan kanker. Namun memang, penggunaan powder tidak disarankan pada daerah vulva karena ada partikelnya pelan-pelan masuk ke dalam rongga perut,” jelas Dr dr Laila Nuranna SpOG(K), dari Rumah Sakit Cipto Mengunkusumo (RSCM) saat ditemui di acara “Woman Health Expo & Bazaar 2010” di Puri Agung Sahid Jaya Hotel, beberapa waktu lalu.

Kanker serviks sendiri bukan merupakan penyakit genetik, tidak seperti kanker payudara, kanker indung telur, maupun kanker badan rahim. Kendati demikian, penyakit ini tidak memandang usia.

“Semua wanita berisiko terkena kanker serviks. Tanpa memandang usia dan gaya hidup,” tukas Dr Laila.

~ oleh dianacakes pada Februari 14, 2010.

2 Tanggapan to “Penggunaan Tisu pada Vagina Sebabkan Kanker Serviks?”

  1. hm. kalau gitu, lalu gimana cara mengatasinya?

  2. Awesome post ! Cheers for, posting on this blog man. I’ll message you again! I didn’t know that!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: