Ilmuwan Buat Baterai Setipis Plastik

LONDON – Baterai, yang dalam kehidupan sehari-hari amat berguna memberi energi pada beragam benda elektronik dan gadget yang kita pakai, nampaknya akan segera ‘dibuang’ ke tempat sampah.

Ilmuwan di Inggris menciptakan sebuah lembaran plastik yang bisa menyimpan dan melepaskan energi listrik. Baterai ini akan mengubah cara kita menggunakan ponsel, mengendarai mobil, atau mungkin saja bisa juga mengubah cara kita berpakaian.

Dilansir Daily Mail,  di masa depan, berbagai gadget yang kita pakai mungkin akan setipis kartu kredit. Teknologi semacam ini juga membawa kita menuju era komputer dengan layar fleksibel yang dapat dilipat, digulung, dan mudah dibawa layaknya membawa selembar kertas tipis. Bukan tidak mungkin pula, bahan plastik penyimpan energi ini dapat dimanfaatkan untuk membuat ‘baju listrik’ yang bisa mengisi ulang kebutuhan energi gadget selama seseorang tengah bepergian.

“Sebenarnya materi yang dikembangkan bukanlah bahan untuk baterai, melainkan sebuah materi super kapasitor,” kata Dr Emile Greenhalgh dari Imperial College London.

Purwarupa yang dikembangkan Greenhalgh dan timnya berukuran persegi lima inci dan ditumpuk menyerupai wafer yang sangat tipis. Hanya perlu waktu lima detik saat mengisi ulang energi yang dibutuhkan untuk menyalakan LED selama 20 menit.

Greenhalgh pun kemudian bekerjasama dengan perusahaan mobil Volvo, menjadikan materi agar bisa digunakan untuk mobil listrik.

“Kami rasa, mobil di masa depan bisa mengisi energi dari atap rumah atau bahkan pintu, berkat adanya materi ini,” kata Greenhalgh.

Aplikasi materi ini tak berhenti sampai disitu saja. Menurut Greenhalgh, temuannya memungkinkan orang-orang lebih mudah bepergian kemana saja, karena tak perlu lagi membawa baterai yang berukuran besar, berat dan tebal.

“Bisa saja sebuah laptop mendapatkan energi dari casingnya sendiri sehinga bisa lebih tahan lama. Belum pernah ada yang menciptakan bahan seperti ini. Dalam sepuluh tahun ke depan, baterai konvesional akan tergantikan dengan baterai seperti ini,” tandasnya.

~ oleh dianacakes pada Maret 13, 2010.

Satu Tanggapan to “Ilmuwan Buat Baterai Setipis Plastik”

  1. In searching for sites related to web hosting and specifically comparison hosting linux plan web, your site came up.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: