Ilmuwan Jerman Ciptakan ‘Jubah Ajaib’ 3D

LONDON – Para ilmuwan di Jerman menciptakan ‘jubah tak terlihat’ tiga dimensi (3D) yang dapat menyembunyikan objek dengan membelokkan gelombang cahaya.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Science ini, dimasa depan akan bisa digunakan untuk membuat objek yang lebih besar menjadi tak terlihat. Namun para ilmuwan belum mau menyebutkan, benda apa saja yang nantinya potensial disembunyikan oleh jubah ajaib tersebut.

“Jubah ini memiliki kemampuan benchmark mengejutkan yang memperlihatkan apa yang bisa dilakukan oleh transformasi optik,” kata Tolga Ergin dari Karlsruhe Institute of Technology.

Transformasi optik menggunakan sejenis materi bernama metamaterial yang memandu dan mengontrol cahaya. Dalam studinya, Ergin dan timnya menggunakan kristal photonic dengan struktur yang mirip seperti tumpukan kayu untuk membuat sebuah jubah tak terlihat.

Dilansir Reuters,Ergin mencoba jubah tersebut untuk menyembunyikan setumpuk emas batangan. Saat diletakkan di atas tumpukan emas, baik jubah maupun emas tersebut sama-sama tak terlihat. Penggambaran hal ini sama seperti menyembunyikan sebuah benda dibawah selembar karpet, yang kemudian membuat benda dan karpet tersebut sama-sama ‘hilang’.

Jubah tersebut dibuat dari lensa khusus yang bekerja sebagian membelokkan gelombang cahaya untuk menekan cahaya yang menyebar.

Sebelumnya, pembuatan jubah tak terlihat seperti dalam Harry Potter sempat dibantah oleh beberapa ilmuwan karena dianggap mustahil. Michal Lipson dari New Yorks’s Cornell University dan Xiang Zhang dari University of California adalah dua ilmuwan yang berhasil membuat kain yang memiliki fungsi mirip dengan jubah Harry Potter. Para ilmuwan dari Jerman pun tidak mau ketinggalan mengembangkan hal serupa. Mereka pun pada akhirnya dapat membuktikan bahwa jubah tak terlihat dapat diwujudkan.

~ oleh dianacakes pada Maret 19, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: